Thursday 11 June 2015

Ketep Pass Magelang - gardu pandang

Assalamu'alaikum.wr.wb

Hallo mas brow dan mbak brow dan para pembaca yang baik hati dan tidak sombong,,hehe
Oia brow kali ini saya akan membahas sedikit tentang Tempat wisata di yogyakarta,Tempat Wisata Ketep Pass.
waktu muncak ke Gunung Merbabu Via Suwanting kebetulan melewati Tempat Wisata Ketep Pass,dan waktu pulangnya saya menyempatkan untuk mampir disini.
Ketep Pass adalah gardu pandang yang berada di ketep,sawangan,magelang,jawa tengah. Ketep Pass ini merupakan Obyek Wisata alam yang dikembangkan dengan ciri khas wisata kegunungapian.

Bukit ini persis di pertengahan antara Gunung Merapi dan Merbabu, jadi kita bisa melihat kedua gunung tersebut dalam satu pandangan yang mengagumkan. Ketep Pass berada pada ketinggian 1200 meter dpl, dengan koordinat 7°29’38.65” Lintang Selatan dan 110°22’55.52” Bujur Timur. Sekitar 30 km dari kota Magelang, 35 km dari Kabupaten Boyolali dan 32km dari Kota Salatiga. Pada tanggal 17 Oktober 2002, Ketep Pas diresmikan sebagai kawasan wisata jalur Solo–Selo–Borobudur (SSB) oleh Presiden ke-5 Republik indonesia yaitu Megawati Soekarno Putri.

Oia bro tiket masuk Tempat Wisata ini cuma  Rp7.500,-/orang (Rp.500,- Asuransi Pengunjung) sedangkan tempat parkir disini untuk sepeda motor Rp2.000,-/unit,Parkir Mobil : Rp5.000,-/unit,Parkir Mini Bus : Rp7.000,-/unit,Parkir Bus Besar: Rp12.000,-/unit.

Di tempat ini ada Gardu Pandang Berupa 2 buah gazebo masing-masing dengan ukuran empat persegi panjang dan bangunan segi delapan dengan panjang panjang sisi lima meter. Sambil menikmati makanan dan minuman yang disediakan oleh pedagang disekitar Obyek kita bisa melihat keindahan alam Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.Serta hamparan lahan pertanian di kedua kaki Gunung tersebut. 

Tapi untuk melihat pemandangan yang lebih jelas lagi disini menyediakan Teropong dengan alat ini pengunjung dapat melihat dengan jelas keindahan panorama Gunung Merapi,Gunung Merbabu dan gunung-gunung yang lain dan untuk menikmati fasilitas ini anda cukup membayar Rp3.000,-/orang.

Jika anda ingin melihat pemandangan yang lebih indah lagi anda bisa mencoba di Panca Arga,Panca Arga mempunyai arti Lima Gunung,pada lokasi ini merupakan puncak tertinggi di Obyek Wisata Ketep Pas.Dari puncak tertinggi ini pengunjung dapat melihat Lima Gunung yaitu Gunung Merapi,Gunung Merbabu,Gunung Sindoro,Gunung Sumbing dan Gunung Slamet.
Selain kelima Gunung tersebut pengunjung masih dapat melihat dan menikmati Gunung-Gunung kecil dan Bukit-bukit yang sangat indah antara lain,Gunung Tidar,Gunung Andong,Gunung Pring,Bukit Menoreh,Bukit Telo Moyo dll.

Di tempat ini anda juga bisa mengingat sejarah gunung merapi di Ketep Vulcano Centre,Sebuah gedung yang disebut museum dangan luas kurang lebih 550 m persegi.Sebuah museum vulcanologi yang didalamnya berdiri miniatur Gunung Merapi,Komputer interaktif yang berisi tentang dokomen kegunungapian,beberapa contoh batu-batuan bukti letusan dari tahun ke tahun.Poster puncak Garuda yang berukuran 3x3m,poster peringatan dini lahar Gunung Merapi.

Ada juga Ketep Vulcano Theatre adalah Sebuah gedung tempat pemutaran film dokumenter tentang aktivitas Gunung Merapi dengan kapasitas tempat duduk 78 kursi.Film ilmiah yang menceritakan tentang terjadinya,jalur-jalur pendakian,penelitian dipuncak Garuda serta letusan dahsyat Gunung Merapi dan cukup Rp7.000,-/orang anda bisa menikmatinya.

Dan jika anda lapar,anda tidak perlu kuwatir,haha. Karena disini juga ada Restaurant Ketep Pas
Disini pengunjung dapat menikmati menu yang disajikan diRestaurant Ketep Pass sesuai selera.Bangunan di atas ketep vulcano teatre yang berdinding kaca ini,sangat cocok untuk pengunjung sambil menyantap hidangan yang tersedia juga menikmati indahnya panorama di kaki Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.


Di tempat ini tersedia Mushola dengan Luas bangunan mushola kurang lebih 10 m persegi dengan bentuk bangunan yang artistik,lengkap dengan tempat wudlu dan toilet.
Sudah dulu ya bro,jika anda penasaran anda bisa dating sendiri dan nikmati indahnya alam Indonesia.

Wassalamu’alaikum.wr.wb

No comments:

Post a Comment